Selamat Datang

Labels

Membuat Animasi Bola Memantul Menggunakan Blender

Cara Membuat Animasi Bola Dapat Memantul Menggunakan Aplikasi Blender. Oke kita langsung saja ke cara membuat objek nya :
1.         pastinya sobat harus membuka Aplikasi Blender terlebih dahulu.
2.         setelah aplikasi blender-nya terbuka, maka akan seperti gambar dibawah :

            Pada gambar diatas terlihat pada properties-nya terdapat Render, Animation, dan Play.
(lihat yang dikotakkan merah), fungsi dari ke-3 nya adalah :
Render : untuk memper-indah tampilan object yang kita buat, untuk lebih cepatnya tekan F12 pada keyboard.
Animation : untuk memperindah object yang telah dibuat menjadi animasi yang dapat bergerak, untuk lebih cepatnya tekan ctrl + F12 pada keyboard.
Play : agar dapat melihat object tersebut menjadi animasi yang indah.
            untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah :



3.         oke saatnya kita membuat animasinya.. disini saya akan membuat Animasi Bola Memantul dari Lantai mengenai dinding. Maka yang kita butuhkan adalah 1 Cube (untuk membuat tembok), 1 Plane (untuk membuat lantai), dan 1 UV-Sphere (untuk membuat bola).
            masih pada lembar kerja yang tadi telah dibuka. Pada lembar kerja yang sudah ada 1 Cube, kita tambahkan Plane, caranya tekan shift + a pada keyboard – pilih Mesh – pilih Plane.
            Pada Plane tersebut kita atur Ukurannya menggunakan s pada keyboard. Dan atur sesukanya.
NB : s+y atau s+x atau s+z dan gunakan pula mouse, sesuaikan saja dengan Sumbu X,Y, atau Z untuk hasil yang memuaskan.
Setelah tadi sobat atur, maka saya ilustrasikan seperti gambar dibawah :

4.         lalu langkah yang selanjutnya adalah kita membuat tembok dengan Cube yang telah tersedia. Caranya, seleksi Cube tersebut dengan menggunakan Klik Kanan Mouse, dan tekan s pada keyboard, atur tipis, lebar, panjang, dan ke-sejajarannya, agar terlihat lebih indah.
NB : s+y atau s+x atau s+z dan gunakan pula mouse, sesuaikan saja dengan Sumbu X,Y, atau Z untuk hasil yang memuaskan.
            Saya contohkan seperti gambar dibawah :

5.         setelah itu kita buat Bolanya menggunakan UV-Sphere. Dengan cara shift + aMeshUV-Sphere. Lalu atur letaknya dan besar kecilnya dengan menekan tombol s pada keyboard.
Maka akan menampilkan gambar :

6.         Langkah selanjutnya adalah lihat pada bagian Properties (sebelah kanan). Ubah :
Display            : Full Screen
Dimensions     : HDV 1080p
Resolution      : X = 720, Y = 720
Frame Rate     : 24
Ceklist pada Stamp
Output            : simpan terserah sobat (saya simpan di Desktop)
Format File     : AVI Raw
7.         Setalah itu kita buat step by step hingga bola tersebut seperti terpantul. Caranya : seleksi bola tersebut, tekan i lalu o pada keyboard
Setelah itu atur/pindahkan garis hijau pada Frame, seperti gambar dibawah :

NB :   seleksi bolanya terlebih dahulu – (tekan i – o) – baru atur garis hijau pada frame, dan begitu seterusnya.
            Hingga sampai frame 250.. kreasikan imajinasi sobat hingga membentuk bola tersebut seakan akan memantul. Saya contohkan seperti pada gambar dibawah :

            Setelah itu coba Play, dan jika berhasil bola tersebut akan bergerak memantul.

8.         Setelah sobat play dan yakin hasilnya sudah dapat di render dengan cara klik Animation pada properties, atau dengan menekan tombol ctrl+F12 pada keyboard. Lihat gambar dibawah :

            Jika sudah selesai File Video-nya akan tersimpan di desktop, dengan nama (0001-0250)

 9.        langkah selanjutnya adalah langkah untuk pemberian texture/pemberian agar object tersebut terlihat seperti aslinya. Disini saya hanya memberikan gambar (seperti diimport gitu) dan akan memberikan texture lantai, tembok dan bola basket.
            Sebelum memberikan texture-nya, kita pindahkan dulu tampilannya ke Object Mode. (tekan Tab pada keyboard). Setelah masuk ke Object Mode – seleksi pada bagian Cube (yang tegak berdiri).
            Lalu pindahkan lagi ke Edit Mode dengan menekan tombol Tab.

9.1 .     Setelah itu klik materialNewDiffuse (pilih warna sesukanya) – lalau ceklist pada Transparency. Lihat selengkapnya pada gambar dibawah.

            9.2 .     setelah itu kita atur pada Texture-nya. Caranya klik TextureNew – pilih Type (Image or Movie) – pilih Image (open) dan cari file gambar yang sobat inginkan – lalu pilih pada Coordinates (UV).
            Unntuk File gambarnya, Saya telah berikan dalam 1 folder tutorial ini. Silahkan sobat pilih sendiri.
  
            9.3 .     setelah itu pada pada layar sebelah kanan klik Display Current Editor pilih UV/Image Editor – pilih pada Browse Image to be linked (file yang tadi sobat telah pilih) – dan pada layar sebelah kiri tekan u pada keyboard (pilih Unwrap).
Lebih jelasnya lihat kangkah-langkah pada gambar dibawah :

            Setelah langkahnya sudah benar, dan sobat tekan f12 akan terlihat gambar tembok seperti gambar dibawah :
10.       Begitu pula untuk membuat lantai ikuti langkah ke-9 hingga ke 9.3.       
NB : open file, dan cari pada folder ini, yang bernama (Lantai 1.jpg), seperti dibawah :

            Untuk melihatnya tekan F12 pada keyboard untuk merender.
11.       setelah itu yang terakhir memberikan texture pada bola basketnya. Caranya hampir sama seperti pada langkah 9 – 9.3 .
NB : open file, dan cari pada folder ini, yang bernama (Bola Basket.jpg), seperti dibawah :

            Pilih Coordinates nya tetap Generated.
12.       sobat juga bisa memberikannya efek dengan cara klik particles – klik tanda plus (+), dan akan seperti gambar :
13.       setelah pemberian texture dan efek selesai, sekarang saatnya kita rendering animasi dengan menekan tombol ctrl+F12 pada keyboard.
Maka hasilnya akan seperti gambar :

0 Response to "Membuat Animasi Bola Memantul Menggunakan Blender"

Post a Comment

wdcfawqafwef